Adab Dan Cara Berdoa Yang Benar

Adab Dan Cara Berdoa Yang Benar

Adab Dan Cara Berdoa Yang Benar - Kita tentu sering berdoa. Namun, doa kita tak juga dikabulkan olehNya. Maka, kita harus memeriksa kembali cara kita berdoa. Jangan-jangan doa kita tidak terkabul, dikarenakan cara berdoa kita yang sembarangan alias tidak memenuhi adab-adab berdoa.

Berikut adalah  cara dan adab berdoa yang baik :

a. Mulai doa dengan Asmaul Husna (Nama-nama Allah Yang Baik)
Allah-Tuhan kita-punya nama-nama yang baik, jadi panggillah Dia dengan nama-Nya yang baik dari mulai Ar-Rahman (Maha Pengasih), Ar-Rahim (Maha Penyayang) sampai Ash-Shabuur (Maha Sabar) sebelum berdoa, jadi kita memanggil Dia terlebih dahulu sebelum meminta keinginan kita.

b. Mengucapkan doa dengan khusyu’ dan tidak terburu-buru

Kalau berdoa tenang saja ya, kalau perlu khusyu’, tidak terburu-buru apalagi memakai doa “Allahuma lantas jalan!” Wah, alamat doa kita tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT.

c. Mengulangi doa tiga kali

“Rasulullah saw apabila berdoa mengulanginya tiga kali dan apabila meminta juga mengulanginya tiga kali.” (HR. Muslim). Pemuda Muslim, Hadis ini memberitahukan kepada kita bahwa alangkah baiknya jika kita mengulangi doa sebanyak tiga kali.

d. Mengiringi doa dengan usaha

Kalau kita minta nilai bagus, iringi dengan belajar, minta harta iringi dengan usaha sampingan, jadinya gak hanya mengandalkan duit jajan doang, bisa dengan dagang, ngasih les atau usaha apapun yang halal.

e. Mengetahui di balik layar jika doa tidak kunjung dikabulkan

Nah terakhir, jika doa tidak jua dikabulkan oleh Sang Maha pengabul maka ada tiga kemungkinan, pertama, bisa jadi tidak bagi yang berdoa, kedua, boleh jadi itu ujian kesabaran dari Allah dan ketiga, ditabung sebagai simpanan untuk akhirat kita.

Semoga cara dan adab berdoa yang benar ini bermanfaat untuk sahabat.

Artikel sebelumnya yang mungkin ingin sahabat baca seperti :
- Bacaan Sholat Lengkap
- Do’a untuk meringankan kita dari hutang
- Gagal dan Tegar, Semua Bukan Milik Kita
- Cerita Motivasi Pembangkit Semangat
- Kekuatan Doa

Adab Dan Cara Berdoa Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sobatstw