Adab Dan Tata Cara Berwudhu Sesuai Tuntunan

Adab Dan Tata Cara Berwudhu Sesuai Tuntunan yang merupakan syarat sahnya sholat yang kita lakukan

Adab Dan Tata Cara Berwudhu Sesuai Tuntunan

Berwudhu merupakan salah satu yang membuat sholat kita sah untuk dilakukan. Cara berwudhu sudah kita ketahui dari kecil bahkan sejak kita masih sekolah TK sudah diajarkan cara berwudhu yang benar. Sehingga saat anak kita menginjak umur 7 tahun harus sudah bisa berwudhu untuk selanjutnya melakukan sholat wajib 5 waktu. Dalam sebuah ayat disebutkan :

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan mata kaki,"(QS. Al-Maidah Ayat 6)
Nah, untuk itu sudah benarkah wudhu yang kita lakukan selama ini yang mungkin sudah bertahun-tahun kita lakukan? Berikut ini adalah adab dan tata cara berwudhu sesuai tuntunan yang insyaaAlloh mempunyai referensi yang kuat dengan ringkasan sebagai berikut ini :

1. Niat. Untuk melakukan niat dalam berwudhu, cukup didalam hati dengan tidak mengucapkannya. Karena Nabi SAW tidak pernah melafazkan niat dalam berwudhu bahkan dalam semua amalannya. Dan Alloh Subhanahu wa Ta'alamengetahui apa yang ada didalam hati sehingga tidak perlu diucapkan dengan lisan.

2. Kemudian menyebut asma Alloh Subhanahu wa Ta'ala dengan bacaan bismillah

3. Selanjutnya mencuci telapak tangan sebanyak 3 kali.

4. Kemudian berkumur dan memasukkan air kehidung sebanyak 3 kali.

5. Membasuh wajah 3 kali dengan merata. Yaitu melebar dari telinga ke telinga dan memanjang dari atas pada bagian tumbuhnya rambut sampai ujung jenggot/dagu.

6. Membasuh kedua tangan dari tangan kanan mulai dari ujung jari sampai siku 3 kali setelah itu gantian tangan kiri.

7. Kemudina mengusap kelapa sekali yaitu dengan membasahi kedua telapak tangan dan mengusapkannya mulai dari depan kepala terus kebelakang hingga batas tengkuknya dan kemudian dikembalikan ke bagian depan kepala lagi.

8. Kemudian mengusap kedua telinganya sekali dengan memasukkan kedua telunjuknya kebagian dalam lubang telinga dan kedua ibu jarinya mengusap bagian luar telinga.

9. Kemudian membasuh kaki 3 kali dimulai dari ujung jari kaki sampai kedua mata kaki yang dimulai dari kaki kanan dan setelah itu kaki kiri.

Demikian adab dan tata cara berwudhu yang sesuai tuntunan yang bisa kita lihat dari berbagai sumber. Jika dalam melakukan wudhu sudah sempurna selanjutnya kita bisa belajar juga bacaan sholat lengkap yang harus kita hafal. Semoga cara berwudhu ini bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Adab Dan Tata Cara Berwudhu Sesuai Tuntunan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sobatstw