Fungsi Utama Harta

Fungsi Utama Harta

Fungsi Utama Harta

Dalam sebuah hadistnya Rasuulullaah shallallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda:

 إنا أنزلْنا المالَ لإقامِ الصلاةِ,وإيتاءِ الزكاةِ 

(bahwa Allaah berfirman) Sesungguhnya Kami menurunkan harta agar shalat didirikan, dan zakat ditunaikan.

 ولو كان لابنِ آدمَ وادٍ لأحَبَّ أن يكون له ثانٍ , ولو كان له واديانِ , لأحبَّ أن يكونَ لهما ثالثٌ, ولا يملأ جوفَ ابنِ آدمَ إلا التُّرابُ, ثم يتوبُ اللهُ على من تاب 

Seandainya anak adam memiliki satu lembah (harta), niscaya ia ingin punya lembah kedua. Dan jika ia punya dua lembah, niscaya ia ingin punya lembah ketiga (begitu seterusnya). Tidak ada yang dapat memenuhi perut anak Adam kecuali tanah. Lalu Allaah menerima taubat orang yang bertaubat (kepadaNya). (HR. Ahmad, dengan sanad yang shahiih)

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa fungsi dan manfaat harta itu ada 2 macam :

1. Agar kita dapat mendirikan shalat; yaitu, kita mempergunakan harta untuk dapat membeli makanan dan minuman, sehingga dengannya kita kuat, dan dapat mendirikan shalat lima waktu, yang diwajibkan atas kita sehari semalam.

2. Agar kita dapat menunaikan zakat, yaitu harta yang telah mencapai nishab, yang kemudian telah berlalu setahun; yang dengannya kita menunaikan zakat.


Maka hendaknya diantara niat yang kita hadirkan ketika mencari nafkah adalah dua hal diatas. Agar semoga dengan harta yang kita peroleh, kita dapat mempergunakannya untuk beribadah kepadaNya, melaksanakan kewajibanNya berupa shalat, zakat, haji, menafkahi keluarga, membantu mujahidin, dll. Dan juga diniatkan untuk melaksanakan ibadah tambahan seperti sedekah, umrah, dan lain-lain.

Maka usaha kita mencari harta dinilai pahala dengan niat-niat ini; dan penggunaan harta kita pun tertunaikan pada hal-hal yang dicintaiNya (baik dalam hal yang diwajibkan maupun yang dianjurkan). Inilah tanda keberkahan harta. Pemilik harta seperti ini akan dianugerahi sifat wara’ (berhati-hati dalam pemanfaatan hartanya), qana’ah (merasa cukup dengan apa yang dimilikinya) dan zuhud (hanya memanfaatkan hartanya pada perkara yang dicintaiNya, serta tidak silau dengan banyaknya harta yang dimiliki orang-orang kafir dan fasiq yang diinfaqkkan untuk keburukan dan kelalaian)

Hal ini berbeda dengan mereka yang mencari harta tidak dengan niat seperti ini, maka penggunaannya pun akan terjerumus pada hal yang harom, atau pada perkara yang tidak ada manfaat untuk akherat. Bahkan mungkin akan semakin parah dan ditambah penyakit tamak, seperti dalam hadist diatas. Semoga kita selalu bisa menggunakan harta dengan baik untuk bisa melaksanakan ketho'atan kepada-Nya. Fungsi Utama Harta. Source : http://belajartahsin.blogspot.com/2015/01/fungsi-utama-harta.html

Fungsi Utama Harta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sobatstw

1 komentar: