Tajwid

Bismillah,
Belajar tahsin - Sahabat sekalian berikut ini adalah rangkuman dari apa yang kami pelajari. Untuk kali ini adalah mengenai pelajaran tajwid. Adapun berbagai istilah tajwid adalah seperti dibawah ini :
1. Pengertian tajwid
Tajwid berasal dari bahasa arab yang mempunyai arti memperbagus bacaan. Adapun secara ilmu tajwid ialah memberikan setiap haq (makhroj dan sifta huruf) dan mustahaqnya (hukum-hukum tajwid)

2. Hukum mempelajari ilmu Tajwid.
Hukum dalam mempelajari ilmu tajwid adalah fardu kifayah, yaitu apabila sebagian orang telah mempelajari maka kewajiban tersebut gugur untuk yang lainnya.

3. Tujuan untuk mempelajari tajwid adalah untuk menjaga lisan dari kesalahan ketika membaca ayat-ayat Al-Qur'an.

Adab membaca al qur'an juga harus diperhatikan. Karena al qur'a merupakan kalamullah dan sebagaimana dalam seubah hadist : "Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempalajari al qur'an dan orang yang mengajarkannya". Maka bagi orang yang membaca al qur'an hendaknya ia dalam keadaan suci, berpakaian rapi, memakai minyak wangi, mulut sudah dalam keadaan harum, tenang, khusyuk, mentadabburi ayatnya, ketika melewati ayat ayang membawa kabar gembiraiapun bergembira, ketika melewati ayat yang bercerita tentang adzab iapun takut, mengharap pahala dari bacaan al qur'an, bertambah keimanannya ketika membaca al qur'an, membaik kondisi akhlaknya, dan bergetar hatinya ketika mendengar ayat-ayat al qur'an.

Sebagaimana dalam firman Alloh : "Sesungguhnya orang yang beriman apabila disbut nama Alloh maka bergetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Alloh bertambah keimanan mereka, dan kepada Alloh mereka bertawakkal" (QS. Al Anfal : 2)

Semoga dengan ilmu tajwid yang baik maka akan menjadikan kita tartil dalam membaca al qur'an sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Postingan selanjutnya sebuah doa untuk meringankan kita dari hutang dapat anda baca.

Tajwid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sobatstw

0 komentar:

Posting Komentar