Keutamaan Shalat Tahajud


Keutamaan Shalat Tahajud

Keutamaan Shalat Tahajud atau shalat malam atau qiyamullail tersebut dalam sebuah ayat dalam Al Qur'an, seperti pada ayat dibawah ini :



"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji". (QS. Al Israa’ : 79)

"Sebarkanlah salam, berilah makanan, sambung silaturahmi, dan kerjakan shalat malam ketika manusia sedang tidur, kalian akan masuk surga dengan selamat". (HR. Ahmad, Ibn Majah, dan dishahihkan Syuaib Al-Arnauth)

Shalat tahajud merupakan shalat yang diwajibkan pada Rasulullah SAW sebelum turunnya perintah shalat 5 waktu.

Waktu yang tepat untuk shalat tahajud


 Dalam sebuah hadist yang terkenal disebutkan bahwa :

""Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga akhir dari waktu malam, lalu berseru: Adakah orang-orang yang memohon (berdo'a), pasti akan Kukabulkan, adakah orang-orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengharap/memohon ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu Shubuh." (Al Hadits).

Salat tahajjud dapat dilakukan kapanpun pada malam hari. Namun waktu paling utama untuk melakukannya adalah pada sepertiga akhir malam. Dan berikut ini adalah pembagian waktu dari yang utama sampai pada yang lebih utama dari waktu shalat tahajud :

1. Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya sampai sekitar pukul 22.00 )
2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( Sekitar pukul 22.00 sampai pukul 01.00 )
3. Paling utama : 1/3 malam terakhir ( Sekitar pukul 01.00 sampai dengan datangnya waktu Subuh )

Adapun berkenaan dengan waktu tahajud ini akan timbul pertanyaan bagi kita, "Apakah shalat tahajud harus dikerjakan setelah tidur, atau bolehkah dikerjakan sebelum tidur?"

Dalam hal ini ada sebuah hadist yang menjelaskan untuk selalu melakukan shalat malam dalam kondisi apapun. Ketika kita sedang merasa lelah dan khawatir tidak bisa bangun di malam sepertiga yang akhir maka, sebelum tidurpun kita di bolehkan untuk melakukan shalat terlebih dahulu. Adapun haditsnya adalah sebagai berikut ini :

"Barangsiapa khawatir tidak bisa bangun diakhir malam maka hendaklah berwitir di awal malam dan barangsiapa yang minat untuk bangun diakhir malam hendaklah berwitir diakhirnya karena shalat diakhir malam itu adalah disaksikan dan lebih utama". (HR Muslim) (Riyadhus Shalihin 2, hadist 1145, hal 291)

Dan bisa juga sahabat buka rujukan di http://www.konsultasisyariah.com/sholat-tahajud-tanpa-tidur-dulu/

Jumlah rakaat dalam shalat tahajud / shalat malam

Shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang pada awalnya merupakan kewajiban bagi Rasulullah SAW.  Jumlah rakaat dalam shalat tahajud seperti dalam sebuah hadist :

“ Shalat malam itu, dua-dua.” ( HR Ahmad, Bukhari dan Muslim )

Paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak tidak ada batasnya, walaupun yang sering kita pelajari ada yang menyebutkan 11 dan atau ada yang 13 rakaat.

Demikian catatan singkat mengenai keutamaan shalat tahajud waktu dan jumlah rakaat, semoga bermanfaat buat saya pribadi dan sahabat sekalian.

Artikel sebelumnya yang mungkin ingin sahabat baca seperti :
- Bacaan Sholat Lengkap
- Do’a untuk meringankan kita dari hutang
- Gagal dan Tegar, Semua Bukan Milik Kita
- Cerita Motivasi Pembangkit Semangat
- Kekuatan Doa

Keutamaan Shalat Tahajud Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sobatstw

0 komentar:

Posting Komentar